logo blog

Memperbaiki Touchpad / Mouse Laptop Tidak Berfungsi / Eror

Memperbaiki Touchpad / Mouse Laptop Tidak Berfungsi / Eror

Artikel ini mencakup cara yang paling umum untuk menyelesaikan touchpad tidak berfungsi. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah bagi touchpad laptop Anda setelah mencoba solusi di halaman ini, touchpad kemungkinan non-fungsional karena penyebab kurang umum. Dalam hal ini, kami sarankan mengambil laptop ke sebuah bengkel komputer untuk analisa lebih lanjut.

Operating System Not Responding

Hal pertama untuk memeriksa adalah apakah komputer dan sistem operasi tidak merespons juga. Bisa jadi komputer beku, yang berarti tidak menanggapi setiap perintah yang Anda berikan. Dalam hal ini, touchpad juga tidak akan bekerja.


Memperbaiki Touchpad / Mouse Laptop Tidak Berfungsi / Eror
Memperbaiki Touchpad / Mouse Laptop Tidak Berfungsi / Eror


Untuk memeriksa ini, coba tekan tombol Num Lock atau Scroll Lock pada keyboard untuk melihat apakah ada lampu pada keyboard mengaktifkan atau menonaktifkan. Banyak keyboard memiliki lampu-lampu kecil untuk menunjukkan bila Num Lock dan Scroll Lock diaktifkan. Jika keyboard Anda memiliki fitur ini dan lampu menghidupkan dan mematikan ketika Anda menekan tombol Num Lock dan Scroll Lock, maka komputer tidak membeku. Jika lampu tetap menyala atau mati setelah menekan tombol beberapa kali, maka komputer kemungkinan beku. Restart komputer untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah dan menghasilkan touchpad bekerja kembali.

Perangkat eksternal

Beberapa USB dan PS / 2 perangkat input secara otomatis menonaktifkan touchpad ketika terhubung. Sebagai langkah pemecahan masalah, matikan komputer, lepaskan semua perangkat eksternal, kemudian mulai komputer lagi untuk memastikan salah satu dari mereka belum dimatikan touchpad. Jika ini perbaikan masalah Anda, Anda mungkin masih dapat menggunakan perangkat menyebabkan ia dengan menyesuaikan pengaturan perangkat lunak di Mouse sifat utilitas. Hal ini tercakup dalam bagian berikutnya.

Periksa Setting Mouse

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, adalah penting untuk memiliki melihat pengaturan mouse / touchpad Anda, karena dapat menjaga touchpad Anda dari bekerja dalam keadaan tertentu. Untuk mengakses pengaturan mouse, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pengguna Windows

  • Arahkan ke Start Menu atau tekan Windows Key dan jenis mengubah pengaturan tikus di bidang Cari, kemudian tekan Enter.
  • Pada jendela Properties Mouse yang terbuka, cari pengaturan touchpad Anda. Mereka biasanya di bawah tab kanan sebelah Hardware (nama tab bervariasi dari produsen ke produsen).
  • Pastikan ada tanda centang pada kotak di samping Enable touchpad.
  • Sesuaikan pengaturan lainnya sesuai dengan keinginan Anda, kemudian klik Apply, lalu OK.
  • Test touchpad Anda.

Pengguna Mac OS


  • Untuk Max OS X, mengakses System Preferences di menu Apple di bagian atas layar desktop. Untuk MacBook Pro, klik pada ikon System Preferences di bagian bawah layar desktop.
  • Pada jendela System Preferences, klik pada ikon Trackpad untuk membuka pengaturan Trackpad.
  • Sesuaikan pengaturan trackpad yang Anda lebih memilih untuk mengubah.
  • Menguji trackpad untuk melihat apakah ia bekerja.

Periksa Device Manager dan Perbarui driver

Jika touchpad masih tidak bekerja, jendela Device Manager dapat memberitahu Anda informasi rinci tentang masalah hardware dan membantu Anda memperbarui driver. Misalnya, jika sebuah perangkat memiliki tanda seru kuning atau X merah di samping itu, ini merupakan indikator hardware atau masalah perangkat lunak. Untuk menemukan touchpad di Device Manager, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Arahkan ke Start Screen atau tekan Windows Key dan jenis device manager, lalu tekan Enter.
  • Di bawah PC Anda, klik dua kali Mice dan perangkat menunjuk lainnya.
  • Cari pad sentuh Anda dan klik kanan ikon dan pilih Update Driver Software ...
  • Klik Cari otomatis untuk perangkat lunak update driver dan ikuti langkah-langkah (jika driver kedaluwarsa).

Tips Penting: Klik kanan ikon touchpad memberi Anda pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan itu, tergantung pada status perangkat. Jika dinonaktifkan, mengaktifkan kembali dan menguji touchpad. Jika sudah diaktifkan, ubah ke dinonaktifkan, kemudian mengaktifkannya kembali. Kadang-kadang Toggling pengaturan ini "reboot" dan perbaikan touchpad.

Periksa CMOS (BIOS)

Pastikan touchpad belum dinonaktifkan dalam CMOS (BIOS) setup. Setelah Anda memasukkan BIOS atau setup CMOS, periksa pengaturan perangkat keras dan jika touchpad dinonaktifkan, mengaktifkan kembali dan restart laptop untuk menguji touchpad.

File sistem operasi yang korup

Penyebab lain yang mungkin untuk touchpad rusak adalah korup file sistem operasi. Sementara biasanya Anda akan melihat masalah lain juga karena file sistem yang korup, ini dapat mengakibatkan touchpad tidak bekerja.

Memperbaiki Touchpad / Mouse Laptop Tidak Berfungsi / Eror


Memperbaiki ini mengharuskan Anda untuk baik mengaktifkan point pada tanggal sebelum ketika touchpad berhenti bekerja, atau Anda mungkin perlu melakukan instalasi sistem perbaikan operasi. Perbaikan instalasi akan meminta Anda untuk mengakses partisi restore pada hard drive atau menggunakan sistem operasi menginstal disk.

Hardware yang rusak

Akhirnya, jika touchpad masih tidak bekerja dengan benar atau sama sekali, itu mungkin rusak. Hubungi pabrik komputer untuk saran lebih lanjut atau mengambil laptop ke sebuah bengkel komputer. Ini bisa memerlukan penggantian touchpad itu sendiri atau komponen perangkat keras lain. Jika touchpad tidak bisa diperbaiki, Anda dapat menghubungkan dan menggunakan mouse eksternal sebagai solusi terakhir.

Nah, diatas adalah beberapa tips penting yang perlu anda lakukan step by step untuk mengatasi touchpad atau mouse laptop anda jika bermasalah. Saya rasa bisa membantu anda untuk segera memperbaikinya. 

Jika ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah ya...

Share this:

Enter your email address to get update from MyLaptopMati.

Tidak ada komentar

About / Contact / Privacy Policy / Disclaimer
Copyright © 2015. Info seputar laptop dan handphone mati - All Rights Reserved
Template Proudly Blogger
test